Mengenal karakter dan fungsi pelumas kendaraan bermotor dari API Service-nya

API SERVICE PELUMAS KENDARAAN BERMOTOR

Mengenal karakter dan fungsi pelumas kendaraan bermotor
dari API Service-nya

Oleh William, Marketing Support PT Pana Oil Indonesia

Bagi orang awam, hal-hal teknis mengenai pelumas kendaraan bermotor dapat menjadi sesuatu yang sulit dan membingungkan sehingga mereka pun kesulitan untuk mengidentifikasi pelumas yang mereka perlukan. Namun pada kenyataannya tidak sesulit itu. Kali ini, PanaOIL akan mengupas tuntas perihal API Service yang membedakan karakter dan kegunaan pelumas kendaraan bermotor.

Apa itu API Service?

API Service adalah sebuah pengkategorian (grading) pelumas yang dibuat oleh dibuat oleh American Petroleum Institute (API). Kategori ini sangat umum digunakan pada produk oli mesin yang beredar. Dengan kata lain, apabila Anda mengerti pembagian oli berdasarkan API Servicenya, maka Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kualitas dan karakter oli, bahkan menentukan oli yang tepat untuk kendaraan Anda.

API Service terbagi menjadi API Service untuk oli mesin berbahan bakar bensin dan API Service untuk oli mesin diesel.

API Service Pelumas Mesin Berbahan Bakar Bensin

Sampai saat ini, terdapat dua belas kategori API Service untuk oli mesin berbahan bakar bensin. Penamaan kategori pun sederhana, menggunakan huruf “S” yang dikombinasikan dengan satu huruf lain, sesuai urutan abjad untuk setiap kategorinya. Lebih jelasnya sebagai berikut:

  • SN
    API Service SN dapat digunakan untuk semua mesin berteknologi terkini serta sebelumnya, dengan kata lain, dapat digunakan untuk semua kendaraan berbahan bakar bensin. Pelumas berkategori SN, terutama yang telah memenuhi klasifikasi ILSAC GF-5, memiliki kontrol endapan temperatur tinggi yang lebih baik, memberikan perlindungan pada turbocharger, mampu membuat penggunaan pelumas lebih irit, serta memungkinkan mesin yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan etanol (sampai E85) tetap bekerja optimal.
  • SM.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 2010 dan sebelumnya.
  • SL.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 2004 dan sebelumnya.
  • SJ.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 2001 dan sebelumnya.
  • SH.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1996 dan sebelumnya.
  • SG.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1993 dan sebelumnya.
  • SF.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1988 dan sebelumnya.
  • SE.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1979 dan sebelumnya.
  • SD.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1971 dan sebelumnya.
  • SC.
    Pelumas ini dapat digunakan untuk mesin tahun 1967 dan sebelumnya.
  • SB dan SA.
    Kategori ini sudah tidak direkomendasikan.

API Service Pelumas Mesin Diesel

Untuk mesin diesel, terdapat dua belas kategori API Service. Namun, apabila untuk mesin bensin menggunakan huruf “S”, klasifikasi API Service untuk oli mesin diesel menggunakan huruf “C”. Berikut adalah kategori-kategorinya:

  • CI-4.
    Dikeluarkan pada tahun 2002. Diperuntukkan bagi mesin 4T berkecepatan tinggi. Diformulasikan untuk mempertahankan daya tahan mesin. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, CG-4, dan CH-4.
  • CH-4.
    Dikeluarkan pada tahun 1998. Diperuntukkan bagi mesin 4T berkecepatan tinggi. Dapat digunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, CF-4, dan CG-4.
  • CG-4.
    Dikeluarkan pada tahun 1995. Diperuntukkan bagi mesin 4T berkecepatan tinggi dengan beban berat, yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur 0.5%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD, CE, dan CF-4.
  • CF-4.
    Dikeluarkan pada tahun 1990. Diperuntukkan bagi mesin 4T berkecepatan tinggi dengan turbo charger maupun gas buang biasa. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD dan CE.
  • CF-2.
    Dikeluarkan pada tahun 1994. Diperuntukkan bagi mesin 2T. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD-II
  • CF.
    Dikeluarkan pada tahun 1994. Diperuntukkan bagi kendaraan off-road, mesin diesel indirect-injection, dan mesin diesel lainnya yang menggunakan bahan bakar dengan kandungan sulfur di atas 0.05%. Dapat dipergunakan untuk menggantikan pelumas kategori CD.
  • CD-II.
    Dikeluarkan pada tahun 1987. Diperuntukkan bagi mesin 2T.
  • CD.
    Dikeluarkan pada tahun 1955. Diperuntukkan bagi mesin turbo charger maupun gas buang biasa.
  • CC.
    Kategori ini dikeluarkan untuk mesin-mesin yang diperkenalkan pada tahun 1961.
  • CB dan CA.
    Kategori ini sudah tidak direkomendasikan.

API Service Ganda

Kebanyakan oli kendaraan yang beredar sekarang ini memiliki dua API Service. Sebagai contoh PanaOIL Cruiser Advance Plus 15W-40 CI-4/SL. Artinya, penggunaan utama pelumas tersebut diperuntukkan bagi mesin diesel yang memerlukan pelumas berkategori CI-4, namun ketika dalam kondisi darurat, pelumas ini juga dapat digunakan oleh mesin berbahan bakar bensin yang membutuhkan pelumas kategori  SL.

Konsultasikan Permasalahan Anda, Sekarang!

Sekarang, Anda sudah mengenal kategori API Service pada kendaraan bermotor. Tidak sulit bukan?

Setelah segalanya Anda mengerti, kini saatnya menentukan pelumas yang terbaik untuk keperluan Anda. PanaOIL, memiliki varian pelumas kendaraan bermotor yang dapat menjamin proteksi yang maksimal dan efisien untuk keperluan bisnis Anda.

Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Segera akses informasi lebih lanjut mengenai produk dan distributor PanaOIL di www.panaoil.id untuk perlindungan ternaik mesin kendaraan Anda! PanaOIL, Think Efficient!

Sumber: Technical Team PT Pana Oil Indonesia
ID: BPOI160901